5 Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Semangka adalah salah satu jenis buah yang bisa kita temukan dengan mudah , buah ini bisa ditemukan dimanapun.Semangka mengandung air dan memiliki rasa yang sangat manis.

Berikut adalah 5 manfaat Semangka untuk Kesehatan

1. Mencegah dehidrasi

Minum air merupakan cara penting untuk menjaga tubuh Anda dehidrasi.
Namun, makan makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi juga dapat membantu.
Menariknya, semangka adalah 92% air .
Sebuah kadar air yang tinggi merupakan salah satu alasan bahwa buah-buahan dan sayuran membantu Anda merasa kenyang. Kombinasi air dan serat berarti Anda makan volume yang baik dari makanan tanpa banyak kalori.
semangka adalah salah satu yang terendah di kalori – hanya 46 kalori per cangkir. Itu lebih rendah daripada buah “rendah gula” seperti berry.
Secangkir (154 gram) semangka memiliki banyak nutrisi juga, termasuk vitamin dan mineral:
Vitamin C: 21% dari RDI.
Vitamin A: 18% dari RDI.
Kalium: 5% dari RDI.
Magnesium: 4% dari RDI.
Vitamin B1, B5 dan B6: 3% dari RDI.
Semangka juga tinggi karotenoid, termasuk beta-karoten dan likopen. Plus, ia memiliki citrulline, asam amino yang penting.
Berikut ini adalah ikhtisar antioksidan yang paling penting semangka ini:

vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

karotenoid
Karotenoid adalah kelas senyawa tanaman yang mencakup alpha-karoten dan beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

lycopene
Lycopene adalah jenis karotenoid yang tidak berubah menjadi vitamin A. antioksidan kuat ini memberikan warna merah untuk menanam makanan seperti tomat dan semangka, dan terkait dengan banyak manfaat kesehatan.

2. Mengurangi Lemak Tubuh

The citrulline dalam semangka telah terbukti mengurangi akumulasi lemak dalam sel-sel lemak kita. Citrulline adalah asam amino yang mengubah menjadi arginin dengan bantuan dari ginjal. Ketika tubuh kita menyerap citrulline dapat mengambil langkah mengkonversi menjadi arginin jika demikian diperlukan. Citrulline, ketika dikonsumsi, memiliki kemampuan untuk (melalui serangkaian langkah-langkah) memblokir aktivitas TNAP (jaringan-nonspesifik alkaline phosphatase) yang membuat sel-sel lemak kita mengurangi sedikit lemak, dan dengan demikian membantu mencegah over-akumulasi lemak tubuh.

3.memelihara kesehatan jantung

Penyakit jantung adalah penyebab nomor satu kematian di seluruh dunia .
faktor gaya hidup, termasuk pola makan, dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.Beberapa nutrisi dalam semangka memiliki manfaat khusus untuk kesehatan jantung.
Studi menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Hal ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif kolesterol .
Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat membantu pembuluh darah Anda memperluas, yang menurunkan tekanan darah
vitamin dan mineral dalam semangka lainnya juga baik untuk jantung Anda. Ini termasuk vitamin A, B6, C, magnesium dan kalium.

4.Mencegah Peradangan

Semangka dapat membantu mencegah peradangan, karena itu kaya dalam anti-inflamasi antioksidan lycopene dan vitamin C.
Senyawa kolin dalam manfaat semangka ini, juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

5.mengatasi Nyeri Otot

Citrulline, asam amino dalam semangka, dapat mengurangi nyeri otot.
Menariknya, jus semangka muncul untuk meningkatkan bio-ketersediaan citrulline. Hal inilah yang membuat semangka sangat efektif .

Semangka adalah buah yang enak dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Memiliki kandungan air yang tinggi dan juga memberikan banyak nutrisi penting lainnya, termasuk lycopene dan vitamin C.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*